PROSES KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KONSEP DIRI
PROSES KEPERAWATAN
A. Pengkajian
- Faktor predisposisi
- Faktor yang mempengaruhi harga diri, termasuk penolakan orang tua, harapan orang tua yang tidak realistik
- Faktor yang mempengaruhi penampilan peran, yaitu peran yang sesuai dengan jenis kelamin, peran dalam pekerjaan dan peran yang sesuai dengan kebudayaa
- Faktor yang mempengaruhi identitas diri, yaitu orang tua yang tidak percaya pada anak, tekanan teman sebaya dan kultur social yang berubah
- Faktor Presipitasi
- Faktor presipitasi dapat disebabkan oleh faktor dari dalam atau faktor dari luar individu ( internal or eksternal sources ), yang dibagi 5 ( lima ) kategori :
- Ketegangan peran, adalah stress yang berhubungan dengan frustasi yang dialami individu dalam peran atau posisi yang diharapkan seperti konsep berikut ini :
- Konflik peran : ketidaksesuaian peran antar yang dijalankan dengan yang diinginkan
- Peran yang tidak jelas: kurangnya pengetahuan individu tentang peran yang dilakukannya
- Peran berlebihan : kurang sumber yang adekuat untuk menampilkan seperangkat peran yang kompleks
- Perkembangan transisi, yaitu perubahan norma yang berkaitan dengan nilai untuk menyesuaikan diri
- Situasi transisi peran, adalah bertambah atau berkurangnya orang penting dalam kehidupan individu melalui kelahiran atau kematian orang yang berarti
- Transisi peran sehat – sakit, yaitu peran yang diakibatkan oleh keadaan sehat atau keadaan sakit. Transisi ini dapat disebabkan :
- Kehilangan bagian tubuh
- Perubahan ukuran dan bentuk, penampilan atau fungsi tubuh
- Perubahan fisik yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan
- Prosedur pengobatan dan perawata
- Ancaman fisik seperti pemakaian oksigen, kelelahan, ketidakseimbangan bio – kimia, gangguan penggunaan obat, alkoholdan zat.
- Faktor presipitasi dapat disebabkan oleh faktor dari dalam atau faktor dari luar individu ( internal or eksternal sources ), yang dibagi 5 ( lima ) kategori :
- Perilaku
Data yang dikumpulkan oleh seorang perawat, hendaknya data perilaku yang obyektif dan dapat diamati. Perilaku yang berhubungan dengan harga diri yang rendaha ( Stuart dan Sundeen, 1995 ) yaitu identitas kacau dan depersonalisasi dapat dilihat pada tabel berikut.Perilaku dengan harga diri yang rendah- Mengkritik diri sendiri atau orang lain
- Produktifitas menurun
- Destruktif pada orang lain
- Gangguan berhubungan
- Merasa diri lebih penting
- Merasa tidak layak
- Rasa bersalah
- Mudah marah dan tersinggung
- Perasaan negative terhadap diri sendiri
- Pandangan hidup yang pesimis
- Keluhan – keluhan fisik
- Pandangan hidup terpolarisasi
- Mengingkari kemampuan diri sendiri
- Mengejek diri sendiri
- Mencederai diri sendiri
- Isolasi social
- Penyalahgunaan zat
- Menarik diri dari realitas
- Khawatir
- Ketegangan peran
Perilaku dengan Identitas kacau- Tidak mengindahkan moral
- Mengurangi hubungan interpersonal
- Perasaan kosong
- Perasaan yang berubah – ubah
- Kekacauan identitas seksual
- Kecemasan yang tinggi
- Tidak mampu berempati
- Kurang keyakinan diri
- Mencintai diri sendiri
- Masalah hubungan intim
- Ideal diri tidak realistik
Perilaku dengan DepersonalisasiAfek- Identitas hilang
- Asing dengan diri sendiri
- Perasaan tidak aman, rendah diri, takut, malu
- Perasaan tidak realistic
- Merasa sangat terisolasi
Persepsi- Halusinasi pendengaran dan penglihatan
- Tidak yakin akan jenis kelaminnya
- Sukar membedakan diri dengan orang lain
Kognitif- Kacau
- Disorientasi waktu
- Penyimpangan pikiran
- Daya ingat terganggu
- Daya penilaian terganggu
Perilaku- Afek tumpul
- Pasif dan tidak ada respon emosi
- Komunikasi tidak selaras
- Tidak dapat mengontrol perasaan
- Tidak ada inisiatif dan tidak mampu mengambil keputusan
- Menarik diri dari lingkungan
- Kurang bersemangat
- Mekanisme KopingJangka PendekJangka Panjang1. Kegiatan yang dilakukan untuk lari sementara dari krisis : pemakaian obat – obatan, kerja keras, nonton TV terus menerus1. Menutup Identitas :Terlalu cepat mengadopsi identitas yang disenangi daro orang – orang yang berarti, tanpa mengindahkan hasrat, aspirasi atau potensi diri sendiri2. Kegiatan mengganti identitas sementara :(ikut kelompok social, keagamaan, politik )2. Identitas Negatif :Asumsi yang bertentangan dengan nilai dan harapan masyarakat3. Kegiatan yang memberi dukungan sementara : ( kompetisi olah raga kontes popularitas )4. Kegiatan mencoba menghilangkan anti identitas sementara : (penyalahgunaan obat – obat)Mekanisme pertahanan ego yang sering digunakan adalah : fantasi, disasosiasi, isolasi, proyeksi, mengalihkan marah berbalik pada diri sendiri daan orang lain
B. Masalah Keperawatan
Masalah gangguan konsep diri berhubungan dengan rasa bersalah sering menimbulkan kekacauan dan mengakibatkan respon koping yang maladaptive. Respon ini dapat dilihat bervariasi pada berbagai individu, yang mengalami ancaman integritas diri atau harga diri. Masalah keperawatan dan contoh diagnosa keperawatan lengkap yang berkaitan dengan gangguan konsep diri, lihat tabel berikut ini.
Masalah keperawatan yang berhubungan dengan konsep diri
Masalah keperawatan uatama | Contoh diagnosa keperawatan yang lengkap |
1. Gangguan gambaran diri | |
2. Gangguan identitas diri | |
3. Gangguan penampilan peran | |
4. Gangguan harga diri |
C. Perencanaan Tindakan Keperawatan
- Tujuan Umum
Meningkatkan aktualisasi diri klien : dengan membantu menumbuhkan, mengembangkan, menyadari potensi sambil mencari kompensasi ketidakmampuan - Tujuan Khusus
Klien dapat mengenal dukungan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan massalaha yang berhubungan dengan konsep diri daan membantu klien agar lebih mengerti akan dirinya secara tepat - Tindakan Keperawatan
Tindakan keperawatan membantu klien mengidentifikasikan penilaian tentang situasi dan perasaan yang terkait, guna meningkatkan penilaian diri dan kemudian melakukan perubahan perilaku. Pendekatan penyelesaian masalah ini memerlukan tindakan yang bertahap sebagai berikut :- Memperluas kesadaran diri; Tahap memperluas kesadaran diri
- Menerima klien apa adanya
- Dengarkan klien
- Dorong klien mendiskusikan pikiran dan perasaannya
- Respon yang tidak mengadili
- Katakan bahwa klien adalah individu yang berharga, bertanggung jawab dan dapat menolong diri sendiri
- Identitas kemampuan klien
- Arahkan klien sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
- Meyakinkan identitas klien
- Beri dukungan untuk menurunkan panic
- Pendekatan tanpa menuntut
- Menerima dan mengklarifikasikan komunikasi verbal dan non verbal
- Cegah klien mengisolasi diri
- Ciptakan kegiatan rutin ( ADL )
- Buat batasan perilaku yang tidak pantas
- Orientasikan klien ke dunia yang nyata
- Beri pujian pada perilaku yang tepat
- Tingkatkan kegiatan dan tugas secara bertahap untuk menimbulkan pengalaman positif
PrinsipRasionalTindakanMembina hubungan saling percayaSikap perawat yang terbuka dapat mengurangi perasaan terancam dan membantu klien menerima semua aspek dirinyaBekerja dengan kemampuan yang dimiliki klienTingkat kemampuan menilai realitas dan control diri diperlukan sebagai landasan asuhan keperawatan - Menyelidiki diri; Membantu klien menyelidiki diri
- Motivasi klien mengekspresikan emosi, keyakinan perilaku dan pikirannya
- Gunakan komunikasi terapeutik dan empati
- Catat pikiran yang logis, observasi respon emosi
- Tumbuhkan persepsi klien terhadap kekuatan dan kelemahannya
- Bantu klien menurunkan self idealnya
- Bantu klien menjelaskan hubungannya dengan orang lain
- Sadari perasaan sendiri baik perasaan negative dan positif dalam berhubungan
- Gunakan respon empati dan observasi apakah perasaan perawat simpati atau empati
- Jelaskan bahwa klien berguna dalam memecahkan masalahnya
- Libatkan keluarga dan kelompok menyelidiki diri klien
- Bantu klien mengenal konflik dan koping maladaptive
PrinsipRasionalTindakanBantu klien menerima perasaan dan pikirannyaDengan menunjukkan sikap menerima perasaan dan pikiran klien, maka klien akan melakukan hal yang samaMenolong klien menjelaskan konsep dirinya dan hubungannya dengan orang lain secara terbukaKeterbukaan persepsi diri adalah awal untuk merubah suasana sepi dan dapat mengurangi ansietasMenyadari dan mengontrol perasaan perawatKesadaran diri akan membantu penampilan model perilaku dan membatasi efek negative dalam berhubungan dengan orang lainEmpati pada klien, tekankan bahwa kekuatan untuk berubah ada pada klienRasa empati dapat menguatkan pandangan klien memahami perasaan orang lain - Mengevaluasi diri; Mambantu klien mengevaluasi diri
- bersama klien identifikasi stressor dan bagaimana penilaiannya
- Jelaskan bahwa keyakinan klien mempengaruhi perasaan dan perilakunya
- Bersama klien mengidentifikasi
- Keyakinan, ilusi, tujuan yang tidak realistic
- Identifikasi kekuatan klien
- Tunjukkan konsep sukses dan gagal dalam persepsi yang cocok
- Teliti sumber koping yang digunakan klien
- Uraikan pada klein bahwa respon koping dapat dipilih dengan bebas dan mempunyai dampak positif maupun negative
- Bersama klien mengidentifikasi respon koping yang maladaptif
- Komunikasi yang memfasilitasi konfrontasi yang mendukung
- Kalrifikasi peran
PrinsipRasionalTindakanMembantu klien mengidentifikasi masalahnya secara jelasSetelah mengetahui masalah dengan jelas alternative pemecahan dapat dibuat klienKaji respon koping adaptif dan maladaptif klien terhadap masalah yang dihadapiDengan mengetahui koping yang dipilih klien dapat mengevaluasi konsekwensi positif dan negatif - Membuat perencanaan yang realistik; Membantu klien membuat rencana yang realistik
- Jelaskan bahwa yang dapat merubah dirinya adalah klien bukan orang lain
- Bantu keyakinan dan ide klien ke dalam kenyataan
- Gunakan lingkungan membantu keyakinan klien jadi konsisten
- Bantu klien merumuskan tujuan
- Bantu klien untuk menetapkan perubahan yang diinginkan
- Anjurkan klien menggunakan pengalaman baru untuk mengembangkan potensinya
- Gunakan role model, role play, visualisasi dan redemonstrasi yang sesuai
PrinsipRasionalTindakanBantu klien mengidentifikasi pemecahan masalahJika semua alternative sudah dievaluasi, perubahan menjadi efektifBantu klien mengkonsep tujuan yang realistikDengan tujuan yang jelas dapat merubah harapan yang diinginkan - Bertanggung jawab dalam bertindak
- Beri kesempatan klien untuk memilih koping yang ingin digunakan dan konsekwensinya
- Bantu klien mengidentifikasi keuntungan kerugian mekanisme koping yang dipilih
- Diskusikan bila klien memilih mekanisme koping negative berikut konsekwensinya
- Berikan dukungan positif untuk mempertahankan kemajuannya
PrinsipRasionalTindakanMengeksplorasi koping adaptif dan maladaptif klien dalam memecahkan masalahnyaSangat penting bagi klien mengetahui koping yang digunakan dalam pemecahan masalahnya baik yang negative maupun yang poitif
- Memperluas kesadaran diri; Tahap memperluas kesadaran diri
Untuk meningkatkan penerimaan klien secara unuk di dalam keluarga, diperlukan pendidikan kesehatan mental yang dapat dilihat pada table berikut ini
Pendidikan kesehatan mental bagi keluarga
Tujuan | Kegiatan Instruksional | Evaluasi |
Menegaskan konsep keunikan anggota keluarga | Diskusikan keunikan masing – masing anggota keluarga. Bantu klien mengidentifikasikan tingkat kemampuannya di antar anggota keluarga |
|
Uraikan karakteristik perpaduan emosi | Analisa tipe dan pola hubungan dalam keluarga. Gunakan kertas dan pensil untuk menggambarkan pola keluarga |
|
Diskusikan pembentukan dan pelaksanaan peran dalam keluarga | Sintesa dinamika keluarga dan manifestasi stress pasien, akan mendorong komunikasi dalam keluarga |
|
D. RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN
Pada makalah ini akan diuraikan tindakan keperawatan pada 2 ( dua ) diagnosa, yaitu :
- Perubahan penampilan peran berhubungan dengan harga diri rendah
- Gangguan harga diri : harga diri rendah berhubungan dengan gangguan citra tubuh
Rencana Tindakan Keperawatan pada :
1. Diagnosa : Perubahan penampilan perab berhubungan dengan harga diri rendah
- Tujuan Umum :
- Klien dapat melanjutkan peran sesuai dengan tanggung jawabnya
- Tujuan Khusus :
- Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat
- Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
- Klian dapat menilai kemampuan yang dapat dilakukan
- Klien dapat menetapkan ( merencanakan ) kegiatan sesuai kemampuan yang dimiliki
- Klien dapat melakukan kegiatan sesuai dengan kondisi sakit dan kemampuan
- Klien dapat memanfaatkan system pendukung yang ada
- Tindakan Keperawatan
- Bina hubungan saling percaya
- Salam terapeutik
- Perkenalkan diri
- Jelaskan tujuan interaksi
- Ciptakan lingkungan yang tenang
- Buat kontrak yang jelas (apa yang akan dilakukan/dibicarakan, waktu)
- Beri kesemapatan untuk mengungkapkan perasaannya tentang penyakit yang diderita
- Sediakan waktu untuk mendengarkan klien
- Katakan pada klien bahwa ia adalah seseorang yang berharga dan bertanggung jawab serta mampu menolong dirinya sendiri
- Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien. Dapat dimulai dari bagian tubuh yang masih berfungsi dengan baik, kemampuan lain yang dimiliki oleh klien, aspek positif ( keluarga, lingkungan ) yang dimiliki klien. Jika klien tidak mampu mengidentifikasi, maka dimulai oleh perawat memberi “ reinforcement “ ( pujian terhadap aspek positif klien
- Setiap bertemu klien, hindarkan memberi penilaian negative. Utamakan memberi pujian yang realistik
- Diskusikan dengan klien kemampuan yang masih dapat digunakan selama sakit. Misalnya : penampilan klien dalam “self-care”, latihan fisik dan ambulasi secara aspek asuhan terkait dengan gangguan fisik yang dialami klien
- Diskusikan pula kemampuan yang dapat dilanjutkan pengguanaannya setelah pulang sesuai dengan kondisi sakit klien.
- Rencanakan bersama klien aktifitas yang dapat dilakukan setiap kemampuan : kegiatan mandiri, kegiatan dengan bantuan sebagian, kegiatan yang membutuhkan bantuan total
- Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien
- Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh klien lakukan ( sering klien takut melaksanakannya )
- Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan
- Beri pujian atas keberhasilan klien
- Diskusikan kemungkinan pelaksanaan di rumah
- Berikan pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien harga diri rendah
- Bantu keluarga memberi dukungan selama klien dirawat
- Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah
- Bina hubungan saling percaya
- Hasil Yang Diharapkan :
- Klien mengungkapkan perasaannya terhadap penyakit yang diderita
- Klien menyebutkan aspek positif dan kemampuan dirinya ( fisik, intelektual, system pendukung )
- Klien berperan serta dalam perawatan dirinya
- Percaya diri klien dengan menetapkan keinginan atau tujuan yang realistis
2. Diagnosa : Gangguan harga diri : harga diri rendah berhubungan dengan gangguan citra tubuh
- Tujuan Umum
- Klien menunjukkan pengingkatan harga diri
- Tujuan Khusus :
- Klien dapat meningkatkan keterbukaan dan hubungan saling percaya
- Klien dapat mengidentifikasi perubahan citra tubuh
- Klien dapat menilai kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
- Klien dapat menerima realita perubahan struktur, bentuk atau fungsi tubuh
- Klien dapat menyusun rencana cara – cara menyelesaikan masalah yang dihadapi
- Klien dapat melakukan tindakan pengembalian integritas tubuh
- Tindakan keperawatan :
- Bina hubungan saling percaya
- Salam terapeutik
- Komunikasi terbuka, jujur, empati
- Beri kesempatan untuk mengungkapkan perasaan klien terhadap perubahan tubuh.
- Sediakan waktu untuk mendengarkan klien
- Lakukan kontrak untuk program asuhan keperawatan ( pendidikan kesehatan, dukungan, konseling dan rujukan )
- Diskusikan perubahan struktur, bentuk atau fungsi tubuh
- Observasi ekspresi klien pada saat diskusi
- Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien ( tubuh, intelektual, keluarga ) oleh klien di luar perubahan yang terjadi
- Setiap bertemu klien, hindarkan memberi penilaian negative. Utamakan memberi pujian yang realistik
- Beri pujian atas aspek posirtif dan kemampuan yang masih dimiliki klien
- Dorong klien untuk merawat diri dan berperan serta dalam asuhan klien secara bertahap
- Libatkan klien dalam kelompok klien dengan masalah gangguan citra tubuh
- Tingkatkan dukungan keluarga pada klien terutama pasangan
- Diskusikan cara – cara ( booklet, leaflet sebagai sumber informasi ) yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak perubahan struktur, bentuk atau fungsi tubuh
- Dorong klien memilih cara sesuai bagi klien
- Bantu klien melakukan cara yang dipilih
- Membantu klien mengurangi perubahan citra tubuh. Misalnya : protesa untuk bagian tubuh tertentu, tongkat
- Rehabilitasi bertahap bagi klien
- Diskusikan dengan klien kemampuan yang masih dapat digunakan selama sakit. Misalnya : penampilan klien dalam “self-care”, latihan fisik dan ambulasi secara aspek asuhan terkait dengan gangguan fisik yang dialami klien
- Diskusikan pula kemampuan yang dapat dilanjutkan pengguanaannya setelah pulang sesuai dengan kondisi sakit klien.
- Rencanakan bersama klien aktifitas yang dapat dilakukan setiap kemampuan : kegiatan mandiri, kegiatan dengan bantuan sebagian, kegiatan yang membutuhkan bantuan total
- Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien
- Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh klien lakukan ( sering klien takut melaksanakannya )
- Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan
- Beri pujian atas keberhasilan klien
- Diskusikan kemungkinan pelaksanaan di rumah
- Berikan pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien harga diri rendah
- Bantu keluarga memberi dukungan selama klien dirawat
- Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah
- Bina hubungan saling percaya
- Hasil Yang Diharapkan :
- Klien menerima perubahan tubuh yang terjadi
- Klien memilih beberapa cara mengatasi perubahan yang terjadi
- Klien adaptasi dengan cara – cara yang dipilih dan digunakan
Daftar Pustaka
- Keliat, B.A ( 1994 ), Gangguan Konsep Diri, Jakarta, EGC
- Keliat, B.A. ( 1998 ), Gangguan Koping, Citra Tubuh dan Seksual pada Klien Kanker, Jakarta, EGC
- Keliat, B.A, ( 1998 ), Penetalaksanaan Stress, Jakarta
- Stuart, G.W., dan Sundeen, S.J. ( 1995 ), principle and practice of psychiatric nursing, ( 5 th ed)
- Towsend, M.C.( 1998 ). Diagnosa Keperawatan pada Keperawatan psikiatri : Pedoman untuk pembuatan Rencana keperawatan, Jakarta : EGC ( Terjemahan ).
mau tanya nuyh..
BalasHapustolong bantu dung,,,ksulitan dalam membuat contoh aplikasi teory v.henderson pada kasus pnyakit tu kyk gmn ya kang,mas?