Senin, 13 Desember 2010

Askep CA lambung

Askep CA lambung

Konsep Dasar Medis Konsep Dasar Medis
1. 1. Anatomi Fisiologi Anatomi Fisiologi
. . Anatomi Anatomi
Lambung terletak oblik dari kiri ke kanan menyilang di abdomen atas tepat di bawah diafragma. Lambung terletak oblik Dari Kiri ke Kanan menyilang di perut tetap Permanent tepat di Bawah diafragma. Dalam keadaan kosong lambung berbentuk tabung-J, dan bila penuh, berbentuk seperti buah alpukat raksasa. KESAWAN keadaan kosong lambung berbentuk tabung J, dan Penuh bila, Pembongkaran berbentuk buah alpukat raksasa. Kapasitas normal lambung 1 sampai 2 liter. Sampai Kapasitas normal lambung 1 2 liter. Secara otomatis lambung terbagi atas fundus, korpus, dan antrum pilorikum atau pilorus. Secara MAMPUS tetap Permanent fundus lambung terbagi, korpus, antrum pilorus pilorikum atau dan. Sebelah kanan atas lambung terdapat cekungan kurvatura minor, dan bagian kiri bawah lambung terdapat kurvatura mayor. Sebelah Kanan tetap Permanent kurvatura lambung terdapat cekungan kecil, Kiri, Bawah dan lambung Name of kurvatura terdapat walikota. Sfingter pada kedua ujung lambung mengatur pengeluaran dan pemasukan. Sfingter PADA kedua Ujung lambung mengatur pemasukan dan Pengeluaran. Sfingter kardia atau sfingter esofagus bawah, mengalirkan makanan masuk ke dalam lambung dan mencegah rufluks isi lambung memasuki esofagus kembali. Sfingter kardia atau sfingter esofagus Bawah, KESAWAN mengalirkan food Masuk ke lambung rufluks mencegah dan isi lambung memasuki esofagus Dilaporkan. Daerah lambung tempat pembukaan sfingter kardia dikenal dengan nama daerah kardia. Daerah Tempat lambung pembukaan sfingter kardia dikenal Artikel Baru Nama Daerah kardia. Di saat sfingter pilorikum berelaksasi makanan masuk ke dalam duodenum dan ketika berkontraksi sfingter ini akan mencegah terjasinya aliran balik isi usus halus ke dalam lambung. Saat di sfingter pilorikum berelaksasi food Masuk ke KESAWAN duodenum dan ketika berkontraksi sfingter Suami akan mencegah terjasinya Aliran timbal balik isi usus halus ke lambung KESAWAN.
Sfingter pilorus memiliki arti klinis yang penting karena dapat mengalami stenosis (penyempitan pilorus yang menyumbat) sebagai komplikasi dari penyakit tukak lambung. Sfingter pilorus memiliki arti klinis Yang parts KARENA dapat mengalami stenosis (penyempitan pilorus menyumbat yang) sebagai komplikasi penyakit tukak lambung Dari. Abnormalitas sfingter pilorus dapat pula terjadi pada bayi. Abnormalitas sfingter pilorus dapat pula terjadi PADA Bayi. Stenosis pilorus atau pilorospasme terjadi bila serat-serat otot di sekelilingnya mengalami hipertrofi atau spasme sehingga sfingter gagal berelaksasi untuk mengalirkan makanan dari lambung ke dalam duodenum. Stenosis pilorus atau pilorospasme terjadi Bila serat-serat muscle di sekelilingnya mengalami hipertrofi atau spasme sfingter Gagal berelaksasi sehingga untuk mengalirkan food Dari duodenum ke lambung KESAWAN. Bayi akan memuntahkan makanan tersebut dan tidak mencerna serta menyerapnya. Bayi akan memuntahkan food tersebut dan regular tidak mencerna Serta menyerapnya. Keadaan ini mungkin dapat diperbaiki melalui operasi atau pemberian obat-obatan adrenerfik yang menyebabkan relaksasi serat-serat otot. Keadaan Suami mungkin dapat diperbaiki Canada Aktiva lain atau pemberian obat-obatan adrenerfik Yang menyebabkan serat-serat muscle relaksasi.
Lambung terdiri dari empat lapisan. Lambung terdiri Dari Empat lapisan. Tunika serosa atau lapisan luar merupakan bagian dari peritonium viseralis. Tunika Luar lapisan serosa atau merupakan Name of viseralis Dari peritonium. Dua lapisan peritonium viseralis menyatu pada kurvatura minor lambung dan duodenum dan terus memanjang ke arah hati, membentuk omentum minus. Dua lapisan peritonium menyatu viseralis kurvatura PADA minor lambung dan duodenum dan memanjang Terus ke Arah hati, membentuk omentum minus. Lipatan peritonium yang keluar dari satu organ menuju ke organ lain disebut sebagai ligamentum. Lipatan Yang Keluar Dari organ organ peritonium Satu Menuju ke lain disebut sebagai ligamentum. Jadi omentum minor (dikenal juga dengan nama ligamentum hepatogastrikum atau hepatoduodenalis) menyokong lambung sepanjang kurvatura minor sampai ke hati. Jadi omentum minor (Juga dikenal Artikel Baru Nama ligamentum hepatoduodenalis atau hepatogastrikum) menyokong Sepanjang kurvatura lambung kecil Sampai ke hati. Pada kurvatura mayor, peritonium terus ke bawah membentuk omentum mayus, yang menutupi usus halus dari depan seperti apron besar. Walikota kurvatura PADA, Terus peritonium ke mayus membentuk omentum Bawah, Yang menutupi usus halus Depan Dari Pembongkaran Besar celemek. Sakus omentum minus adalah tempat yang sering terjadi penimbunan cairan (pseudokista pancreatikum) akibat komplikasi pancreatitis akut. Sakus omentum minus Tempat adalah Yang Sering terjadi penimbunan cairan (pseudokista pancreatikum) Akut akibat komplikasi pankreatitis.
Tidak seperti daerah saluran cerna lain, bagian muskularis tersusun dari tiga lapis dan bukan dua lapis otot polos: lapisan longitudinal di bagian luar, lapisan sirkuler di tengah, dan lapisan oblik di bagian dalam. Daerah regular tidak Pembongkaran saluran cerna lain, Name of muskularis tersusun Dari Tiga lapis dan Bukan doa lapis muscle polos: lapisan longitudinal di Luar Name of lapisan sirkuler, di Tengah, dan lapisan oblik di KESAWAN Name of. Susunan serat otot yang unik ini memungkin berbagai macam kombinasi kontraksi yang diperlukan untuk memecahkan makanan menjadi partikel-partikel yang kecil, mengaduk dan mencampur makanan tersebut dengan cairan lambung, dan mendorongnya ke arah duodenum. Susunan serat muscle Yang Unik Suami memungkin kontraksi Kombinasi berbagai macam Yang diperlukan untuk memecahkan food menjadi partikel-partikel Kecil yang, mengaduk dan mencampur food Artikel Baru lambung cairan tersebut, dan mendorongnya ke Arah duodenum.
Submukosa terdiri dari jaringan areolar jarang yang menghubungkan lapisan mukosa dan lapisan muskularis. Submukosa terdiri Dari Jaringan Yang areolar jarang muskularis lapisan mukosa dan lapisan menghubungkan. Jaringan ini memungkinkan mukosa bergerak bersama gerakan peristaltik. Suami Jaringan memungkinkan mukosa Bergerak Bersama Gerakan peristaltik. Lapisan ini juga mengandung pleksus saraf, pembuluh darah, dan saluran limfe. Lapisan Suami Juga mengandung Saraf pleksus, pembuluh Darah, dan saluran limfe.
Mukosa, lapisan dalam lambung, tersusun dari lipatan-lipatan longitudinal yang disebut rugae. Mukosa, lambung KESAWAN lapisan, tersusun Dari lipatan-lipatan longitudinal ruge disebut yang. Dengan adanya lipatan-lipatan ini lambung dapat berdistensi sewaktu diisi makanan. Artikel Baru lipatan-lipatan adanya Suami lambung dapat diisi sewaktu food berdistensi. Ada beberapa tipe kelenjar pada lapisan ini dan dikategorikan menurut bagian anatomi lambung yang ditempatinya. Ada beberapa tipe kelenjar PADA lapisan Suami dan dikategorikan menurut Name of anatomi lambung Yang ditempatinya. Kelenjar kardia berada dekat orifisium kardia. Kelenjar kardia berada Dekat orifisium kardia. Kelenjar ini mensekresikan mukus. Kelenjar Suami mensekresikan mukus. Kelenjar mukus atau gastrik terletak di fundus dan hampir pada seluruh korpus lambung. Kelenjar atau mukus gastrik terletak di fundus dan korpus PADA hampir seluruh lambung. Kelenjar gastrik memiliki tiga tipe utama sel. Kelenjar gastrik memiliki tipe Utama Tiga sel. Sel-sel zimogenik atau chief cells mensekresikan pepsinogen. Sel-sel zimogenik atau sel mensekresikan pepsinogen kepala. Pepsinogen diubah menjadi pepsin dalam suasana asam. Pepsinogen diubah menjadi pepsin KESAWAN suasana asam. Sel-sel parietal mensekresikan asam hidroklorida dan faktor intrinsik. -Sel parietal mensekresikan asam hidroklorida Sel dan faktor intrinsik. Faktor intrinsk diperlukan untuk absorbsi vitamin B12 di dalam usus halus. Faktor intrinsk diperlukan untuk absorbsi vitamin B12 di usus halus KESAWAN. Kekurangan faktor intrinsik akan mengakibatkan pernisiosa. Kekurangan faktor intrinsik akan mengakibatkan pernisiosa. Sel-sel mukus (leher) di temukan di leher fundus atau kelenjar-kelenjar gastrik. Sel-sel mukus (leher) di temukan di leher fundus kelenjar-kelenjar gastrik atau. Sel-sel ini mensekresikan mukus. Suami-Sel mensekresikan mukus sel. Hormon gastrik diproduksi oleh sel G yang terletak pada daerah pilorus lambung. Hormon gastrik diproduksi Dibuat sel G PADA Daerah Yang pilorus terletak lambung. Gastrin merangsang kelenjar gastrik untuk menghasilkan asam hidroklorida dan pepsinogen. Gastrin merangsang kelenjar gastrik untuk menghasilkan asam hidroklorida dan pepsinogen. Substansi lain yang disekresikan oleh lambung adalah enzim dan berbagai elektrolit, terutama ion-ion natrium, kalium dan klorida. Substansi lain disekresikan Yang Dibuat lambung dan berbagai enzim adalah dijumpainya, terutama ion-ion natrium, kalium dan klorida.
Persarafan lambung sepenuhnya otonom. Persarafan otonom sepenuhnya lambung. Suplai saraf parasimpatis untuk lambung dan duodenum dihantarkan ke dan dari abdomen melalui saraf vagus. Suplai Saraf parasimpatis untuk lambung dan duodenum dihantarkan ke dan Dari perut Canada Saraf vagus. Trunkus vagus mencabang ramus gastrik, pilorik, hepatik dan seliaka. Trunkus vagus mencabang ramus gastrik, pilorik, hepatik dan seliaka. Pengetahuan tentang anatomi ini sangat penting, karena vagotomi selektif merupakan tindakan primer yang penting dalam mengobati tukak duodenum. Pengetahuan Tentang Sangat Suami anatomi parts, KARENA vagotomi selektif merupakan tindakan Yang primer parts KESAWAN tukak duodenum Mengobati.
Persarafan simpatis adalah melalui saraf splangnikus major dan ganglia seliakum. Persarafan simpatis adalah Saraf Canada splangnikus seliakum dan ganglia utama. Serabut-serabut aferen mengantarkan impuls nyeri yang dirangsang oleh peregangan, kontraksi otot dan peradangan, dan dirasakan di daerah epigastrium. serabut aferen mengantarkan-impuls Serabut dirangsang peregangan Nyeri Yang Dibuat, peradangan kontraksi dan muscle, dan dirasakan di epigastrium Daerah. Serabut-serabut eferen simpatis menghambat pergerakan dan sekresi lambung. Serabut-serabut eferen simpatis menghambat pergerakan dan sekresi lambung. Pleksus saraf mesenterikus (Auerbach) dan submukosa (Meissner) membentuk persarafan intrinsik dinding lambung dan mengkoordinasi aktifitas motorik dan sekresi mukosa lambung. Saraf pleksus mesenterikus (Auerbach) dan submukosa (Meissner) membentuk persarafan intrinsik Dinding lambung dan mengkoordinasi aktifitas motorik dan sekresi mukosa lambung.
Seluruh suplai di lambung dan pancreas (serta hati, empedu, dan limpa) terutama berasal dari arteri seliaka atau trunkus seliakus, yang mempercabangkan cabang-cabang yang mensuplai kurvatura minor dan mayor. Seluruh suplai di pankreas dan lambung (Serta hati, empedu, dan Limpa) terutama berasal Dari arteri seliaka atau trunkus seliakus, Yang mempercabangkan mensuplai kurvatura kecil yang-cabang dan cabang walikota. Dua cabang penting dalam klinis adalah arteria gastroduodenalis dan arteria pancreatikoduodenalis (retroduodenalis) yang berjalan sepanjang bulbus posterior duodenum. Dua cabang arteria parts KESAWAN gastroduodenalis klinis adalah pancreatikoduodenalis arteria dan (retroduodenalis) Yang Berjalan Sepanjang bulbus posterior duodenum. Tukak dinding posterior duodenum dapat mengerosi arteri ini dan menyebabkan perdarahan. Tukak Dinding posterior duodenum dapat mengerosi arteri Suami dan menyebabkan perdarahan. Darah vena dari lambung dan duodenum, serta yang berasal dari pancreas, limpa, dan bagian lain saluran cerna, berjalan ke hati melalui vena porta. Darah vena Dari lambung dan duodenum, Serta Dari Yang pankreas berasal, Limpa, dan saluran cerna Name of lain, Berjalan ke Canada vena porta hati.
b. b. Fisiologi Fisiologi
Fungsi motorik dan pencernaan lambung meliputi: Fungsi motorik lambung dan pencernaan meliputi:
1. 1. Fungsi motorik Fungsi motorik
a) Fungsi reservoir a) Syarat reservoir
Menyimpan makanan sampai makanan tersebut sedikit demi sedikit dicernakan dan bergerak pada saluran cerna. Sampai menyimpan food food tersebut sedikit demi sedikit dicernakan dan Bergerak PADA saluran cerna. Menyesuaikan peningkatan volume tanpa menambah tekanan dengan relaksasi reseptif otot polos; diperantarai oleh saraf saraf vagus dan dirangsang oleh gastrin. Menyesuaikan peningkatan volume Tanpa tekanan Menambah Artikel Baru muscle relaksasi reseptif polos; diperantarai Saraf Saraf vagus Dibuat dan dirangsang gastrin Dibuat.
b) Fungsi mencampur b) mencampur Syarat
Memecahkan makanan menjadi partikel-partikel kecil dan mencampurnya dengan getah lambung melalui kotraksi otot yang mengelilingi lambung. Memecahkan food menjadi partikel-partikel Kecil dan mencampurnya Artikel Baru getah lambung Canada muscle kotraksi Yang mengelilingi lambung. Kontraksi peristaltik diatur oleh suatu irama listrik intrinsik dasar. Kontraksi peristaltik diatur suatu Dibuat irama listrik intrinsik ditempatkan.
c) Fungsi pengosongan lambung c) Syarat pengosongan lambung
Diatur oleh pembukaan sfingter pilorus dipengaruhi oleh viskositas, volume, keasaman, aktifitas osmotik, keadaan fisik, serta oleh emosi, obat-obatan, dan kerja. Diatur Oleh sfingter pilorus pembukaan Dibuat viskositas dipengaruhi, volume, keasaman, aktifitas osmotik, keadaan Fisik, emosi Dibuat Serta, obat-obatan, dan kerja jangka pendek. Pengosongan lambung diatur oleh faktor saraf dan hormonal. Oleh Pengosongan lambung diatur faktor hormonal dan Saraf.
2. 2. Fungsi pencernaan dan fungsi sekresi Fungsi fungsi pencernaan dan sekresi
a) Pencernaan protein a Pencernaan protein)
Pencernaan protein oleh pepsin dan HCI dimulai di sini; pencernaan karbohidrat dan lemak oleh amilase dan lipase dalam lambung kecil peranannya. Pencernaan pepsin Oleh protein dan HCI dimulai di Sini; pencernaan karbohidrat dan amilase dan lipase Lemak KESAWAN Dibuat lambung peranannya Kecil.
b) Sintesis dan pelepasan gastrin b) sintesis dan pelepasan gastrin
Sintesis dan pelepasan gastrin dipengaruhi oleh protein yang dimakan, peregangan antrum, alkalinisasi antrum, dan rangsangan vagus. Sintesis dan pelepasan gastrin dipengaruhi Yang Dibuat protein dimakan, antrum peregangan, antrum alkalinisasi, dan vagus rangsangan.
c) Sekresi faktor intrinsik c) faktor intrinsik sekresi
Sekresi faktor intrinsik memungkinkan absorbsi vitamin B12 dari usus halus bagian distal. Sekresi faktor intrinsik memungkinkan absorbsi vitamin B12 Dari usus halus Name of distal.
d) Sekresi mukus d) sekresi mukus
Membentuk selubung yang melindungi lambung serta berfungsi sebagai pelumas sehingga makanan lebih mudah diangkut. Membentuk melindungi selubung Yang lambung Serta berfungsi sebagai pelumas sehingga food Cari Syarat masuk diangkut lebih.
Fungsi motorik terdiri atas penyimpanan, pencampuran, dan pengosongan kimus (makanan yang bercampur dengan sekret lambung) ke dalam duodenum. Fungsi motorik terdiri tetap Permanent penyimpanan, pencampuran, dan pengosongan kimus (food bercampur Artikel Baru Yang sekret lambung) ke KESAWAN duodenum. Pengertian tentang regulasi dan pengawasan sekresi lambung penting untuk mengetahui patogenesis dan pengobatan tukak lambung secara rasional. Pengertian dan Pengawasan regulasi sekresi lambung Tentang parts untuk mengetahui patogenesis dan pengobatan tukak lambung Secara rasional.
Pengaturan Sekresi Lambung Pengaturan sekresi Lambung
Pengaturan sekresi lambung dapat dibagi menjadi fase sefalik, gastrik dan intestinal. Pengaturan sekresi lambung dapat dibagi menjadi fase sefalik, usus dan gastrik. Fase sefalik sudah dimulai bahkan sebelum makanan masuk lambung, yaitu sebagai akibat melihat, mencium, memikir, atau mengecap makanan. Fase sefalik Sudah dimulai bahkan at food Masuk lambung, yaitu sebagai akibat Melihat, mencium, memikir, food mengecap atau. Fase ini diperantarai seluruhnya oleh saraf vagus dan dihilangkan vagotomi. Fase Suami Dibuat seluruhnya diperantarai Saraf vagus dan vagotomi dihilangkan. Sinyal neurogenik yang menyebabkan fase sefalik berasal dari korteks serebri atau pusat nafsu makan. Yang menyebabkan sinyal neurogenik berasal fase sefalik Dari korteks serebri atau Pusat nafsu makan. Impuls eferen kemudian dihantarkan melalui saraf vagus ke lambung. Impuls eferen kemudian dihantarkan Canada Saraf vagus ke lambung. Hasilnya, kelenjar gastrik dirangsang mengeluarkan asam HCI, pepsinogen dan menambah mukus.Fase sefalik menghasilkan sekitar 10 % dari sekresi lambung normal yang berhubungan dengan makanan. Hasilnya, kelenjar gastrik asam dirangsang mengeluarkan HCI, pepsinogen dan mukus.Fase Menambah sefalik menghasilkan sekitar 10% berhubungan Artikel Baru Dari sekresi lambung normal food yang.
Fase gastrik dimulai saat makanan mencapai antrum pilorus. Saat dimulai fase gastrik food mencapai antrum pilorus. Distensi yang terjadi pada antrum menyebabkan terjadinya rangsangan mekanis dari reseptor-reseptor pada dinding lambung. Distensi Yang terjadi PADA antrum menyebabkan terjadinya rangsangan mekanis reseptor-reseptor Dari Dinding lambung PADA. Impuls tersebut berjalan menuju medula melalui aferen vagus dan kembali ke lambung melalui eferen vagus; impuls-impuls ini merangsang pelepasan hormon gastrin dan secara langsung juga merangsang kelenjar-kelenjar lambung. Impuls tersebut Menuju Berjalan medula Canada aferen vagus dan Dilaporkan ke lambung Canada vagus eferen; impuls-impuls Suami merangsang pelepasan hormon gastrin Secara Langsung Juga dan merangsang kelenjar-kelenjar lambung. Gastrin dilepas dari antrum dan kemudian dibawa oleh aliran darah menuju kelenjar lambung, untuk merangsang sekresi. Gastrin dilepas Dari antrum dan kemudian dibawa Dibuat Aliran Darah Menuju kelenjar lambung, sekresi untuk merangsang. Pelepasan gastrin juga dirangsang oleh PH alkali, garam empedu di antrum, dan terutama oleh protein makanan dan alkohol. Pelepasan gastrin Juga dirangsang PH Dibuat alkali, garam empedu di antrum, dan terutama protein dan alkohol Dibuat food. Gastrin adalah stimulus utama sekresi asam hidroklorida. Gastrin Utama adalah stimulus sekresi asam hidroklorida.
Fase sekresi gastrik menghasilkan lebih dari dua pertiga sekresi lambung total setelah makan, sehingga merupakan bagian terbesar dari total sekresi lambung harian yang berjumlah sekitar 2.000 ml. Sekresi fase gastrik menghasilkan lebih Dari doa pertiga sekresi Penghasilan kena pajak total makan lambung, sehingga merupakan Name of terbesarnya Dari total sekresi lambung harian berjumlah sekitar 2.000 ml Yang. Fase gastrik dapat terpengaruh pada reseksi bedah antrum pilorus, sebab di tempat inilah gastrin diproduksi. Fase gastrik dapat terpengaruh PADA reseksi antrum pilorus Bedah, sebab inilah gastrin diproduksi di Tempat.
Fase intestinal dimulai oleh gerakan kimus dari lambung ke duodenum. Fase usus duodenum dimulai Gerakan kimus Dibuat Dari ke lambung. Fase sekresi lambung ini diduga sebagian besar bersifat hormonal. Fase sekresi lambung Suami diduga sebagian pajaknya hormonal Besar. Adanya protein yang telah dicerna sebagian dalam duodenum tampaknya merangsang pelepasan gastrin usus, suatu hormon yang menyebabkan hormon terus-menerus mensekresikan cairan lambung. Adanya Yang telah protein dicerna tampaknya sebagian KESAWAN duodenum merangsang pelepasan gastrin usus, suatu hormon Yang menyebabkan hormon mensekresikan cairan lambung-menerus Terus. Tetapi, peranan usus kecil sebagai penghambat sekresi lambung jauh lebih besar. Tetapi, MENJAGA LOYALITAS usus Kecil sebagai penghambat sekresi lambung Besar lebih JAUH.
Distensi usus halus menimbulkan ferleks entrogastrik, diperantarai oleh pleksus mienterikus, saraf simpatis dan vagus, yang menghambat sekresi dan pengosongan lambung. Distensi usus halus menimbulkan ferleks entrogastrik, diperantarai mienterikus pleksus Dibuat, Saraf vagus dan simpatis, Yang dan pengosongan menghambat sekresi lambung. Adanya asam (pH kurang dari 2,5), lemak dan hasil-hasil pemecahan protein menyebabkan pengeluaran beberapa hormon usus. Adanya asam (pH Kurang Dari 2,5), Lemak dan pemecahan protein Hasil Hasil-Pengeluaran hormon menyebabkan beberapa usus. Sekretin, klesitokinin (CCK, cholecytokinin), dan peptida penghambat gastrik (GIP), semuanya memiliki efek inhibisi terhadap sekresi lambung. Sekretin, klesitokinin (CCK, cholecytokinin), dan peptida penghambat gastrik (GIP), semuanya memiliki Efek inhibisi terhadap sekresi lambung.
Selama periode interdigestif (antar dua waktu pencernaan) sewaktu pencernaan tidak terjadi dalam usus, sekresi asam klorida terus berlangsung dengan kecepatan lambat yaitu 1 sampai 5 mEq/jam. Selama periode interdigestif (pencernaan Antar julian dua) pencernaan usus terjadi sewaktu regular tidak KESAWAN, sekresi asam klorida Artikel Baru Terus berlangsung lambat kecepatan yaitu 1 Sampai 5 mEq / jam. Ini disebut pengeluaran asam basal (BAO, basal acid output) dan dapat diukur dengan pemeriksaan sekresi cairan lambung selama puasa 12 jam sekresi lambung normal selama periode ini terutama terdiri mukus dan hanya sedikit pepsin dan asam. Ini disebut Pengeluaran asam basal (PAB, output asam basal) dan dapat diukur Artikel Baru pemeriksaan sekresi cairan lambung puasa selama 12 jam sekresi lambung normal selama periode Suami terutama terdiri mukus dan Hanya sedikit asam dan pepsin. Tetapi, rangsang emosional kuat, dapat meningkatkan BAO melalui saraf parasimpatis (vagus) dan diduga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tukak lambung. Tetapi, Rangsang KUAT emosional, dapat meningkatkan PAB Canada Saraf parasimpatis (vagus) dan diduga merupakan salah Satu faktor Yang tukak lambung menyebabkan.
2. 2. Definisi Definisi
a. a. Karsinoma gaster merupakan tumor ganas lambung yang paling banyak tergolong adenokarsinoma. Karsinoma lambung merupakan Gana datang tumor lambung BANYAK tergolong pagar Adenokarsinoma yang. (Soeparman & Sarwono Waspadji, 1990) (Soeparman & Waspadji Sarwono, 1990)
b. b. Karsinoma gaster merupakan bentuk neoplasma gastrointestinal yang paling sering terjadi dan menyebabkan sekitar 2,4 % kematian akibat kanker. Karsinoma lambung Bentuk gastrointestinal Neoplasma merupakan pagar Yang Sering terjadi dan menyebabkan sekitar 2,4% Kematian akibat Kanker. (Price & Wilson, 1995) (Price & Wilson, 1995)
c. c. Karsinoma gaster adalah gangguan sel gaster yang dalam waktu lama terjadi mutasi sel gaster. Karsinoma lambung adalah gangguan sel lambung Yang julian KESAWAN lama terjadi Mutasi sel lambung. (Sjamsuhidajat & Wim De Jong, 1997) (Sjamsuhidajat & Wim De Jong, 1997)
d. d. Karsinoma gaster merupakan mutasi sel gaster yang kebanyakan menyerang antrum gaster dan merupakan kanker adenokarsinoma. Karsinoma lambung lambung merupakan sel Mutasi Yang menyerang kebanyakan antrum lambung dan Kanker Adenokarsinoma merupakan. (Baughmen & JoAnn, 2000) (Baughmen & JoAnn, 2000)
3. 3. Etiologi Etiologi
Penyebab karsinoma gaster(kanker lambung) tidak diketahui secara pasti, tetapi dikenal faktor-faktor predisposisi tertentu. Penyebab karsinoma lambung (Kanker lambung) regular tidak diketahui Secara iuran pasti, tetapi faktor-faktor dikenal predisposisi tertentu. Faktor genetik berperan penting, sebagai contoh kanker lambung lebih sering pada orang dengan golongan darah A. Faktor yang tak kalah berperan penting pula adalah faktor geografis dan lingkungan, dibuktikan kanker lambung sangat sering terdapat di Jepang, Chili, dan Islandia. Faktor genetik parts berperan, sebagai contoh Kanker lambung lebih Sering PADA Orang Golongan Darah Artikel Baru A. Faktor Yang tak berperan Kalah parts pula adalah faktor dan Lingkungan Geografis, dibuktikan Kanker lambung Sangat Sering terdapat di Jepang, Chili, dan Islandia. Faktor lain yang turut mempengaruhi antara lain seperti makanan, alkohol, aklorhidria, dan merokok. Faktor lain Yang lain turut mempengaruhi ANTARA Pembongkaran food, alkohol, aklorhidria, merokok dan.
4. 4. Patofisiologi Patofisiologi
Karsinoma gaster merupakan bentuk neoplasma lambung yang paling sering terjadi dan menyebabkan sekitar 2,6 % dari semua kematian akibat kanker. Karsinoma gaster merupakan neoplasma lambung Bentuk pagar Yang Sering terjadi dan menyebabkan sekitar 2,6% Dari * Semua Kematian akibat Kanker. Laki-laki lebih sering terserang dan sebagian besar kasus timbul setelah usia 40 tahun. Laki-laki lebih Sering Besar dan sebagian terserang KASUS Usia Timbul Penghasilan kena pajak 40 years.
Penyebab kanker lambung tidak diketahui tetapi dikenal faktor-faktor predisposisi tertentu. Penyebab Kanker lambung regular tidak diketahui tetapi faktor-faktor tertentu dikenal predisposisi. Faktor genetik memegang peranan penting, dibuktikan karsinoma lambung lebih sering terjadi pada orang dengan golongan darah A. Selain itu faktor ulkus gastrikum adalah salah satu faktor pencetus terjadinya karsinoma gaster. Faktor genetik memegang parts MENJAGA LOYALITAS, dibuktikan karsinoma lambung lebih Sering terjadi PADA Orang Golongan Darah A. Artikel Baru ulkus ITU Selain faktor gastrikum salah adalah Satu faktor pencetus terjadinya karsinoma lambung.
Pada stadium awal, karsinoma gaster sering tanpa gejala karena lambung masih dapat berfungsi normal. PADA akhir stadion, karsinoma lambung Sering Tanpa KARENA gejala lambung dapat berfungsi Masih normal. Gejala biasanya timbul setelah massa tumor cukup membesar sehingga bisa menimbulkan gangguan anoreksia, dan gangguan penyerapan nutrisi di usus sehingga berpengaruh pada penurunan berat badan yang akhirnya menyebabkan kelemahan dan gangguan nutrisi. Gejala biasanya massa Timbul Penghasilan kena pajak tumor membesar cukup sehingga menimbulkan gangguan Bisa anoreksia, dan gangguan penyerapan nutrisi di usus sehingga badan berpengaruh PADA vehicles penurunan Yang akhirnya menyebabkan gangguan nutrisi dan kelemahan. Bila kerja usus dalam menyerap nutrisi makanan terganggu maka akan berpengaruh pada zat besi yang akan mengalami penurunan yang akhirnya menimbulkan anemia dan hal inilah yang menyebabkan gangguan pada perfusi jaringan penurunan pemenuhan kebutuhan oksigen di otak sehingga efek pusing sering terjadi. Bila kerja jangka pendek usus KESAWAN menyerap nutrisi food terganggu Maka zat besi akan berpengaruh PADA Yang akan mengalami penurunan Yang akhirnya anemia dan hal inilah menimbulkan Yang menyebabkan gangguan perfusi Jaringan PADA penurunan pemenuhan kebutuhan oksigen di Otak Efek ekuitas sehingga terjadi Sering pusing.
Pada stadium lanjut bila sudah metastase ke hepar bisa mengakibatkan hepatomegali. PADA stadion Lanjut Bila metastase ke hepar Sudah Bisa mengakibatkan hepatomegali. Tumor yang sudah membesar akan menghimpit atau menekan saraf sekitar gaster sehingga impuls saraf akan terganggu, hal ini lah yang menyebabkan nyeri tekan epigastrik. Tumor membesar Yang Sudah akan menghimpit atau menekan Saraf impuls sekitar sehingga lambung akan terganggu Saraf, lah Suami hal Yang menyebabkan tekan Nyeri epigastrik.
Adanya nyeri perut, hepatomegali, asites, teraba massa pada rektum, dan kelenjar limfe supraklavikuler kiri (Limfonodi Virchow) yang membesar menunjukkan penyakit yang lanjut dan sudah menyebar. Adanya Nyeri Perut, hepatomegali, asites, teraba massa PADA rektum, dan kelenjar limfe supraklavikuler Kiri (Limfonodi Virchow) penyakit Yang menunjukkan membesar dan menyebar Yang Sudah Lanjut. Bila terdapat ikterus obstruktiva harus dicurigai adanya penyebaran di porta hepatik. Bila terdapat ikterus obstruktiva Harus dicurigai adanya Penyebaran di porta hepatik.
Kasus stadium awal yang masih dapat dibedah untk tujuan kuratif memberikan angka ketahanan hidup 5 tahun sampai 50 %. KASUS stadion akhir Yang Masih untk dapat dibedah Composition Komposisi kuratif memberikan Angka ketahanan Hidup 5 tahun Sampai 50%. Bila telah ada metastasis ke kelenjar limfe angka tersebut menurun menjadi 10 %. Bila telah ADA metastasis ke kelenjar limfe Angka tersebut menurun menjadi 10%. Kemoterapi diberikan untuk kasus yang tidak dapat direseksi atau dioperasi tidak radikal. KASUS Kemoterapi untuk diberikan Yang regular tidak regular tidak dapat Radikal dioperasi atau direseksi. Kombinai sitostatik memberikan perbaikan 30-40% untuk 2-4 bulan. Kombinai sitostatik memberikan perbaikan 30-40% untuk 2-4 bulan.
Pembedahan dilakukan dengan maksud kuratif dan paliatif. Artikel Baru Pembedahan dilakukan kuratif maksud dan Paliatif. Untuk tujuan kuratif dilakukan operasi radikal yaitu gastrektomi (subtotal atau total) dengan mengangkat kelejar limf regional dan organ lain yang terkena. Untuk kuratif dilakukan Composition Komposisi Aktiva lain yaitu gastrektomi (subtotal atau) jumlah mengangkat Artikel Baru kelejar limf daerah Yang terkena organ lain dan Radikal. Sedangkan untuk tujuan paliatif hanya dilakukan pengangkatan tumor yang perforasi atau berdarah. Sedangkan untuk Composition Komposisi Paliatif Hanya dilakukan pengangkatan tumor Yang berdarah atau perforasi. (Sjamsuhidajat & Wim de Jong, 1997) (Sjamsuhidajat & Wim de Jong, 1997)



Patoflodiagram Patoflodiagram
· Idiopatik · Idiopatik
· Genetik, diet rendah serat · Genetik, diet rendah serat
· Ulkus gastrikum · Ulkus gastrikum
Sumber: Sumber:
· ·
Gangguan pola istirahat/tidur Gangguan POLA istirahat / Tidur
Gangguan rasa nyaman: nyeri Gangguan rasa Nyaman: Nyeri
Nyeri epigastrik Nyeri epigastrik
Impuls saraf terganggu Impuls Saraf terganggu
Penekanan saraf sekitar gaster Penekanan Saraf sekitar lambung
Tumor membesar Tumor membesar
Kurang pengetahuan Kurang pengetahuan
hepatomegali hepatomegali
Hepar Hepar
Metastase sel gaster Metastase sel lambung
Stadium lanjut Stadion Lanjut
Terjadi setelah massa tumor cukup membesar Penghasilan kena pajak Terjadi massa tumor cukup membesar
Stadium awal Stadion akhir
Ca gaster Ca lambung
Dalam waktu yang lama Julian KESAWAN Yang lama
Mutasi sel gaster Mutasi sel lambung
Terjadi gangguan sel gasterSjamsuhidajat & Wim de Jong, 1997 Terjadi gangguan sel gasterSjamsuhidajat & Wim de Jong, 1997
· ·
Gangguan perfusi jaringan Gangguan perfusi Jaringan
Pusing Pusing
O2 di otak menurun O2 menurun di Otak
Anemia Anemia
Penurunan zat besi Penurunan zat besi
Gangguan penyerapan nutrisi Gangguan penyerapan nutrisi
Intoleransi aktivitas Intoleransi aktivitas
Sel dalam tubuh kurang mendapatkan energi KESAWAN sel tubuh mendapatkan energi Kurang
Anoreksia Anoreksia
Masukan nutrisi kurang Masukan nutrisi Kurang
Gangguan pemenuhan nutrisi <> Gangguan pemenuhan nutrisi <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar